Jumat, 17 Juli 2009

"Murah Senyuman"

Tersenyumlah, sebab merpati telah lama mengantuk

Di wajahmu terbitlah fajar kegelapan

Terenyumlah, berilah kami sedikit bekal, karena kami akan merantau

Betapa nikmatnya senyuman sebagai bekal muafir

Terjalin cinta antaraku dan antaramu sepanjang maa

Karena kita saling berdampingan dan bertetangga

Kami heran tidak melihat di dalam dirimu, keheranan

Yang menunjukan hari-hari dalam keberuntungan

Dengan keceriaan, nyaris mata itu mewakili isi hatinya

Tersalam indah di dalam jiwanya syair-syair rahasia

Engkau tertawa, padahal berbagai duka menyelibungimu

Duka itu takut kepadamu sepert takunya jin dirajam bintang

(Al-A'ma Al-Kamilah, Abbas Al-Aqqad (1/40-41)

****
Itulah sepenggal syair tentang arti sebuah senyuman
Senyumn tidak terbatas untuk memikat hati, memperbanyak kebajikan atau menghapus keburukan dan doa saja, tetapi senyuman juga bermanfaat bagi kepribadian dan watak, memancing kegembiraan, dan dapat menikmati keceriaan dan kebahagiaan hidup.

Bagaimana tidak besar pengaruhnya atau kedudukannya didalam menyenangkan hati dan memberikan kemaslahatan bagi watak dan kepribadian, sedangkan ia adalah bagian dari pokok kepribadian dan asas-asas sebuah pertumbuhan sebab, senyuman adalah awal pertanda baik yang namapak dari seorang anak. Dengan senyuman ia merasa tentram, bertambah cepat pertumbuhannya, dan bertambah darahnya yang menjadi sebab kegembiraan dan kekuatannya.

Orang-orang yang suka tersenyum adalah orang-orang yang berguna untuk dirinya sendiri
Lebih mampu dalam bekerja,
Lebih dekat kepada tanggung jawab, lebih siap menghadapi cobaan atau kesukaran,
Menanggulangi kesulitan dan lebih dapat melakukan perkara-perkara besar yang bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

"Seandainya aku harus memilih antara harta yang berlimpah atau jabatn tinggi dengan hati ridha lagi tersenyum bahagia, maka aku akan memilih yang kedua, lho...mengapa?? sebab apa gunanya harta jika disertai duka?! apa artinya jabatan jika diiringi oleh kesedihan?! apa artinya segala yang ada dalam kehidupan jika pemiliknya merasa sempit, seolah-olah dia baru menguburkan jenazah kekashnya?! summa na'uu dzu billah...

"Ada lagi bila dalam kehidupan rumah tangga anda memiliki seorang istri yang cantik, molek nan rupawan tapi tiap hari anda pulang kerja disambut wajah cembetut alias cemberut! bagaimana perasaan anda??! senangkah atau sebalikny?!

Jadi...
Apa artinya istri cantik, jika ia selalu cemberut dan menjadikan rumahnya bagaikan neraka?! tentu seribu kali lebih baik seorang istri yang tidak terlalu cantik, tetapi ia menjadikan rumahnya laksana di surga! Subhanallah...

"Senyuman yang ditampakkan tidak berarti apa-apa kecuali jika didtangkan dari sesuatau yang dimiliki oleh perangai manusia dari pada keharum-haruman. Bunga-bunga tersenyum, hutan-hutan tersenyum, lautan, sungai-sungai, langit, bintang-bintang, burung-burung, semuanya tersenyum, bahkan manusia pada tabi'atnya juga tersenyum jika tidak dikotori oleh ketamakan, keburukan dan sifat egois yang membuatnya pesimis. Dengan demikian, berarti manusia telah durhaka atas nikmat alam yang dilimpahkan.

****
Ia berkata, langit mendung dan berkabut....
Aku berkata, terenyumlah, biarlah kabut dan mendung itu ada di langit....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar